Mengatasi Gangguan Kesehatan Hamster




Kesehatan hamster perlu di perhatikan baik makanan, minuman yg di asup dalam tubuhnya maupun tempat ia hidup dan berkembang biak. hamster memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Namun, jika kondisi tidak mendukung, bukan tidak mungkin hamster terserang penyakit. Karena ukuran tubuh hamster kecil, maka sulit untuk mengidentifikasikan penyakit yang menyerang hamster.
Berikut jenis jenis penyakit yang menyerang hamster:
1.SALESMA
Ini bukan orang yang suka nawar-nawarin barang lho! Salesma atau pilek pada hamster biasa disebabkan oleh udara panas atau penurunan suhu drastis. suhu yang ideal untuk hamster adalah 18-22degC. Sealin itu, salesma juga dapat ditularkan dari manusia. Gejala salesma dimulai dari hamster yang sering bersin dan keluar cairan dari mata dan hidung. Hamster akan terlihat lesu, matanya setengah tertutup dan selalu terlihat bergelung (tidur) di salah satu sudut kandang.
Bagaimana cara mengatasinya?
- Segeralah pindahkan hamster yang sakit ke kandang khusus yang terpisah dari hamster lain.
- Letakkan kandang di tempat yang hangat atau di atas kandang diberi lampu. Letakkan serbuk kayusebanyak mungkin di dalam kandang.
- Hamster dapat diberi campuran susu,air dan madu sebagai obat.
- InsyaAllah, dalam beberapa hari hamster akan terlihat membaik.

2. DIARE
Diare dapat disebabkan oleh beberapa hal:
- Diare karena konsumsi sayur dan buah berlebihan.
Hentikan pemberian sayur dan buah. Berikan makanan kering khusus hamster. Air minum dan botol harus selalu tersedia, karena hamster diare butuh banyak cairan. Umumnya, kematian hamster yang diare disebabkan dehidrasi atau kurang cairan.
- Diare karena jamur.
Serutan kayu yang jarang diganti dapat menyebabkan diare secara tidak langsung. Serutan kayu yang sudah dikencingi akan tumbuh jamur Aspergillus. Hamster yang terserang penyakit ini akan terlihat lesu, sulit bernapas, gatal, dan diare yang kronis. Jika terlihat gejala ini, segera pisahkan hamster dengan hamster lainnya (takut tertular), kandang hamster untuk merawat dibersihkan setiap hari, dan segera pergi ke dokter hewan karena umumnya diperlukan antibiotik dan obat antijamur.
- Diare karena bakteri.
Penyakit ini lebih dikenal dengan nama wet tail (ekor basah). Penyakit ini biasa menyerang hamster berusia muda. Penyebab utama penyakit ini adalah tingkat stress yang tinggi sehingga terjadi ketidakseimbangan jumlah bakteri yang biasa hidup di dalam usus hamster. Hamster yang terjangkit penyakit ini akan mudah menemui ajalnya. Gejala: penampilan sangat kotor, basah, disertai bau menyengat. Biasanya hamster akan malas makan dan minum. Jika tampak gejala tersebut, segeralah bertindak, karena hamster akan cepat menemui ajalnya. Hamster perlu disuapi menggunakan pipet, beri obat antidiare (Kaopectate) dan sedikit antibiotik.

3. JAMUR DAN KUTU
Hamter yang terinfeksi jamur dan kutu akan terlihat selalu gatal dan kulitnya kering. Kadang-kadang disertai bulu yang mudah rontok. Tindakan untuk mencegah jamur dan kutu adalah menyemprot kandang hasmter dengan antikutu setiap bulan dan selalu menjaga kebersihan kandang.

4 KERONTOKAN BULU
Kerontokan bulu hamster dapat diakibatkan oleh beberapa hal:
- Usia. Ketika usia tua (2 tahun) biasanya hamster akan mengalami kerontokan bulu sehingga kelihatan botak. Hal in wajar dan tidak perlu dirisaukan karena tidak membahayakan. Hal yang dapat dilakukan adalah menjaga kebutuhan vitamin agar selalu seimbang
- Alergi. Hamster dapat menderita alergi terhadap suatu jenis makanan atau serbuk kayu. Jangan menggunakan serbuk kayu dari pinus dan cedar. Semua jenis hamster alergi terhadap serbuk kayu tersebut.
- Kurang vitamin. Jika gizi hamster tidak seimbang maka akan mengakibatkan kerontokan bulu. Cara mengatasinya adalah dengan vitamin E setiap 2 hari sekali di apotek terdekat.

5. OBESITAS
seperti halnya manusia hamster juga memili penyakit obesitas.Bisa dikategorikan sebagai penyakit karena dapat mengakibatkan jantung melemah atau bisa juga serangan jantung. Cara menghindari obesitas adalah: membatasi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi seperti biji bunga matahari dan kacang tanah.

Dengan adanya berbagai penyakit yang dapat menyerang hamster sebaiknya kita sering memperhatikan kondisi tubuh hamster tersebut. Jangan sampai anda menghiraukan hamster yang lemah dan berdarah.bisa – bisa hamster anda sudah tak bernyawa lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Hamster taxonomy

Istilah Jual beli